Ribuan Rumah di Mojokerto Di Rendam Banjir 1 Meter
NEWS PERISTIWA Uncategorized

Ribuan Rumah di Mojokerto Di Rendam Banjir 1 Meter

Ribuan Rumah di Mojokerto Di Rendam Banjir 1 Meter

PertiwiNews.com – Hujan deras selama enam jam yang mengguyur Kabupaten Mojokerto, membuat Sungai Sadar kembali meluap. Ribuan rumah di enam desa terendam banjir setinggi satu meter sehingga warga diungsikan.

Kejadian ini beralangsung sejak Minggu (26/3/2017) malam. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto Muhammad Zaini mengatakan, hingga pukul 23.30 WIB, rata-rata ketinggian air yang merendam permukiman penduduk mencapai satu meter.
Banjir kali ini merendam enam desa. Meliputi Desa Gebangmalang, Gayaman, Kweden Kembar, Purwojati, dan Sadar Tengah di Kecamatan Mojoanyar, serta Desa Jotangan di Kecamatan Mojosari.

“Sekarang sedang proses evakuasi penduduk karena rata-rata ketinggian air di permukiman penduduk mencapai satu meter,” kata Zaini

Zaini menjelaskan, banjir malam ini terjadi akibat hujan deras selama sekitar enam jam di wilayah hulu dan hilir Sungai Sadar, yakni pukul 15.00-21.00 WIB. Akibatnya, sungai yang membelah wilayah Kabupaten dan Kota Mojokerto menuju ke Sungai Porong itu tak mampu menampung debit air.

“Banjir akibat meluapnya Sungai Sadar juga karena air kiriman dari atas (wilayah hulu di Kecamatan Pacet),” terangnya.

Akibat bencana banjir ini, kata Zaini, rumah penduduk yang terendam mencapai ribuan unit. Begitu pula jumlah pengungsi. Pihaknya masih melakukan pendataan di lapangan.

“Jumlah rumah yang terdampak banjir mencapai ribuan, pengungsi juga sangat banyak karena banjirnya menyeluruh. Kami masih melakukan pembaharuan data,” ujarnya.

Selain menangani evakuasi pengungsi, tambah Zaini, malam ini pihaknya juga membahas lokasi dapur umum dengan Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto. “Dapur umum masih koordinasikan dengan Dinas Sosial, soalnya pengungsi banyak, personelnya cukup atau tidak,” tandasnya

Banjir malam ini juga merendam Desa Sooko-Kecamatan Sooko, serta Desa Kenanten dan Banjaragung-Kecamatan Puri. Ketinggian air mencapai lutut orang dewasa. Bahkan,Genagan air juga merendam jalur nasional By Pass Mojokerto di simpang lima Kenanten. Arus lalu lintas dari arah Jombang menuju ke Surabaya dialihkan melalui dalam Kota Mojokerto.

Meluapnya Sungai Sadar sekaligus merendam ratusan rumah penduduk di tiga kelurahan Kota Mojokerto. Diantaranya Kelurahan Meri, Gununggedangan, dan Kranggan. masuk ke rumah warga mencapai lutut orang dewasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *