Untung Gede Jangan Langsung Beli Mobil Ucap Jokowi
NEWS PERISTIWA

Untung Gede Jangan Langsung Beli Mobil Ucap Jokowi

Untung Gede Jangan Langsung Beli Mobil Ucap Jokowi

PertiwiNews.com – Presiden JokoWi memberi nasihat kepada para petani. Jika saat panen hasil melimpah dan untung besar, agar tidak cepat-cepat membeli mobil. Tapi uang tersebut digunakan untuk memperluas lahan.

Petuah ini disampaikan Jokowi setelah ada petani yang bercerita soal kawan yang berhasil hingga dapat beli mobil. Cerita bermula saat Presiden meminta beberapa petani kakao untuk maju ke atas panggung. Di sana, ia bertanya soal pengalaman menanam komoditas tersebut.

Seorang petani kakao asal Gorontalo, Ikhwan, mengaku harga kakao di daerahnya saat ini sudah mencapai Rp 35 ribu perkilogram. Sebelumnya, petani hanya menjual Rp 2.500 per kilogramnya.

Mendengar pengakuan tersebut, Jokowi ragu. Dia kemudian memastikan kembali harga kakao yang sudah sangat bergairah.

“Benar Pak. Harganya segitu. Saksinya, Pak, ada petani kakao yang berhasil sampai beli mobil,” kata Ikhwan di hadapan Jokowi, Sabtu (6/5/2017).

Menurut Ikhwan, sejak 2008 luas lahan kakao di Gorontalo mencapai 40 ribu hektare. Para petani di sana juga sudah melakukan peremajaan tanaman. Untuk hasil panen, juga kini sudah meningkat dibanding beberapa tahun lalu.

Setelah mendengar pengakuan ada petani beli mobil, Jokowi menimpalinya. Ia meminta para petani untuk tidak cepat beli mobil saat mendapat untung.

“Jadi kalau sudah nanam kakao hasilnya gede dapat uang juta-jutaan atau miliaran, jangan beli mobil dulu. Naik haji boleh saja. Jangan beli mobil. Harusnya uang itu dipakai untuk melebarkan lahan kakaonya dulu,” kata Joko widodo .

Mendengar nasihat tersebut, Ikhwan melanjutkan mencurahkan isi hatinya. Ia mengaku lahan perkebunan di Gorontalo terlalu sempit sehingga tidak dapat diluaskan lagi. Meski demikian, para petani mengaku tetap semangat untuk menanam tanaman tersebut.

Presiden Jokowi mengaku akan melihat lokasi yang cocok untuk ditanam kakao. “Nanti saya cek lahannya di mana yang memungkinkan kira-kira,” jelas Jokowi.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo hari ini membuka kegiatan Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) di Stadion Harapan Bangsa, Lhoong Raya, Banda Aceh. Pembukaan ditandai dengan pemukulan tambo.

Kegiatan yang diikuti sekitar 38 ribu peserta dari seluruh Indonesia mulai Sabang hingga Marauke ini berlangsung hingga 11 Mei mendatang. Acara ini menjadi ajang pertemuan dan berbagi ilmu antar petani dan nelayan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *