Aksi Lilin untuk NKRI di Depok Dibubarkan
NEWS PERISTIWA

Aksi Lilin untuk NKRI di Depok Dibubarkan

Aksi Lilin untuk NKRI di Depok Dibubarkan

PertiwiNews.com – Sekumpulan massa yang mengatasnamakan Save NKRI menggelar aksi menyalakan lilin bersama dengan di halaman Gereja Bethel Indonesia, Pancoran MAS, Kota Depok, Kompleks Bukit Nuvo. Namun, aksi itu dibubarkan aparat keamanan lantaran tidak memperoleh izin.

Kabagops Polresta Depok Komisaris Agus Widodo mengatakan, sejumlah massa itu sudah melanggar Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 perihal Kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka lazim dan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2012 Tentang Tata Cara Penyelenggaraan Pelayanan, Pengamanan, Dan Penanganan Perkara Penyampaian Pendapat di Muka Umum.

Saya sampaikan itu keliru satu wujud kesibukan yang harus mempunyai ketentuan yang berlaku. Kami minta untuk segera membubarkan diri,” ucap Agus, Senin malam (15/5/2017).

Dia pun mengaku tidak menyadari bahwa wilayah itu akan dijadikan aksi menyalakan lilin untuk NKRI. “Aksi ini tidak berizin. Kami sampai sini, mereka kumpul katanya berkenan bakar lilin bersama,” ucap dia.

Sementara itu keliru satu peserta aksi, Virgi Hutahuruk mengaku tergerak hatinya ikuti aksi menyalakan lilin selanjutnya kala memperoleh undangan dari Facebook. Dia mengatakan aksi ini adalah sebagai wujud menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dia menolak jika aksi lilin selanjutnya disamakan bersama dengan unjuk rasa.

“Ini bukan unjuk rasa cuma menyalahkan lilin saja. Kami berkenan mengawal NKRI, mengawal Pancasila,” ujar dia.

Virgi pun menilai, pembubaran sebagai sinyal intoleransi.

“Enggak tauh kenapa katanya tidak ada izin. Padahal kita sudah siap-siap berkenan bergandengan untuk menyatakan toleransi keutuhan. Kami baik-baik dan tidak anarkis. Kenapa dibubarkan? Ini wujud intoleransi,” ujaro Virgi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *