BPJS Kesehatan Riba Saleh Daulay Pendapat Mengada
Kesehatan NEWS PERISTIWA POKER

BPJS Kesehatan Riba Pendapat Mengada

BPJS Kesehatan Riba Saleh Daulay Pendapat  Mengada

PertiwiNews.com – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay, mengungkapkan bahwa sangat tidak tepat dan cenderung mengada-ada jika ada pendapat yang menyatakan BPJS Kesehatan adalah Riba. Pasalnya, menurut Politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) itu, prinsip yang dikedepankan dalam program BPJS kesehatan adalah gotong royong.

Artinya, Saleh menjelaskan, orang yang mampu diharapkan dapat membantu orang yang kurang mampu. Prinsip itu jelas sesuai dengan ajaran agama.

“Perhatikan, misalnya, dalam surat Al-Maidah ayat 2, di sana diperintahkan agar setiap orang beriman tolong menolong dalam hal kebaikan dan ketaqwaan,” ungkapnya seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima Akurat.co, Jakarta, Sabtu (27/5).

Justru, lanjut Mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah itu, program BPJS menjadi wadah yang baik dalam membumikan perintah tolong-menolong tersebut.

“Lalu, dimana letak Riba-nya? Setelah saya renungkan dan pelajari lagi, saya sama sekali belum menemukan aspek riba dalam program BPJS itu,” ujar Saleh.

Selain itu, Saleh menyebutkan, sampai saat ini pembiayaan program BPJS kesehatan masih lebih banyak menggunakan APBN. Khusus peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI), semua pembiayaannya berasal dari APBN. Pada tahun 2017 ini, anggaran BPJS disetujui sebesar Rp25 triliun.

“Kalau pembiayaan PBI, saya kira ini hanya mu’amalah biasa saja. Biaya pengobatan orang sakit dibayarkan oleh negara. Tidak jauh beda dengan orang sakit membayar sendiri. Sulit ditemukan aspek Riba di dalamnya,” katanya.

Sekadar informasi, sebelumnya ada dokter di salah satu rumah sakit yang menolak pasien karena menggunakan BPJS Kesehatan saat berobat. Menurut dokter tersebut, BPJS Kesehatan adalah Riba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *