Jaksa Agung: Banding Kasus Ahok dalam proses
KRIMINAL NEWS PERISTIWA POLITIK

Jaksa Agung: Banding Kasus Ahok dalam proses

Jaksa Agung: Banding Kasus Ahok dalam proses

PertiwiNews.com – Jaksa Agung Muhammad Prasetyo memastikan pengajuan banding terhadap vonis perkara penistaan agama yang menyeret Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sudah dalam proses. Kejagung resmi mengajukan banding pada 16 Mei 2017 lalu. “Banding kasus Ahok sudah ada di pengadilan tinggi dan ini proses masih berjalan. Jaksa masih lakukan pengkajian,” kata Prasetyo di gedung Kejagung, Jakarta Selatan, Jumat (2/6/2017).

Ia mengatakan, banding tersebut sudah melalui pertimbangan, terutama soal faktor keadilan.

“Kita akan melihat semua aspek yang ada. Hukum itu kan harus memperhatikan soal keadilan dan kemanfaatan,” ucap Prasetyo. Ia juga menegaskan bahwa tidak ada intervensi dari pihak Ahok agar mereka mengajukan banding. “Saya sama Ahok juga tidak kenal. Memang proses hukum seperti itu,” kata Prasetyo.

Sebelumnya, Ahok divonis dua tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara karena terbukti melanggar Pasal 156a tentang Penistaan terhadap Agama. Vonis ke Ahok ini lebih berat dari dakwaan jaksa ketika persidangan. Jaksa mendakwa Ahok melanggar Pasal 156 tentang Penistaan terhadap Golongan.

Dalam dakwaan itu, jaksa menuntut Ahok dengan hukuman penjara setahun dengan percobaan dua tahun. Atas perbedaan vonis hakim dan dakwaan ini yang membuat jaksa akhirnya mengajukan banding perkara yang menjerat Ahok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *