MUI Siap Bantu Pemerintah Bina Eks Anggota HTI
GAYA HIDUP KRIMINAL NEWS PERISTIWA POLITIK

MUI Siap Bantu Pemerintah Bina Eks Anggota HTI

MUI Siap Bantu Pemerintah Bina Eks Anggota HTI

PertiwiNews.com – Menko Polhukam Wiranto mengatakan pemerintah sedang menyiapkan Surat Keputusan Bersama (SKB) untuk membina mantan anggota Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). MUI siap mendukung program tersebut.

“MUI siap untuk membantu program pemerintah membina eks (anggota) HTI,” kata Ketua Umum MUI KH Ma’ruf Amin di Kantor PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2017).

Sampai saat ini, Ma’ruf mengaku belum diajak membicarakan SKB tersebut. Namun, dia mengatakan bila para eks anggota HTI memang perlu dibina agar kembali kepada Pancasila.

“Belum (diajak bicara), tapi MUI mendukung (adanya SKB). Memang mereka harus dibina,” ucap Ma’ruf.

“Ya dibimbing, dituntun, diceramahi dan tentu banyak hal lagi agar mereka bisa kembali ke Pancasila,” tuturnya.

Terkait Perppu 2/2017 tentang Ormas, Ma’ruf mengingatkan pemerintah agar tidak menggunakan Perppu tersebut secara sembarangan. Cukup sudah HTI yang dibubarkan.

“Jangan juga pemerintah menggunakan Perppu itu untuk menyasar kemana-mana. Cukup sudah membubarkan HTI, ormas lain dibina saja,” tutupnya.

Wiranto menyatakan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang mengantisipasi tindak lanjut setelah pembubaran HTI akan dibuat oleh Mendagri, Menkum HAM, dan Jaksa Agung. SKB tersebut akan mengatur perlindungan dan pembinaan mantan anggota HTI.

“SKB itu nanti ada tiga menteri, Mendagri, Menkum HAM, dan Jaksa Agung, membuat pernyataan bersama bagaimana mengatur eks HTI ini, karena sudah ada Perppu berarti sudah dilaksanakan ada eksesnya, ada tindak lanjutnya,” ujar Wiranto di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (8/8).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *